REKLAMASI ???

​Apapun kegiatanya saya kurang setuju kalau harus memaksakan tumbuh yang besar dan mempersulit yang kecil.

Reklamasi jakarta, sebegitu pentingkah untuk proses bersaing di kanca global ? Dengan memforsir daerah yang bernama JAKARTA hanya karna tatapusat negara ? Holla, utara ini sudah darurat banjir. Jika tetap dipaksakan, ya siap tenggelam brarti untuk ancol dskt.

Jika alasanya hanya ingin menunjukan taring di bidang properti untuk pertumbuhan ekonomi agar bisa sejajar dengan negara-negara tetangga yang jauh lebih maju, bukan jakarta solusinya. Jakarta sudah terlalu sumpek, yang lalu sudah di gusur-gusurin sekarang mau bikin peradaban baru. Gimana to bos ???

Kenapa ga babat aja skalian hutan di kalimantan biar berantem ama suku dayak yang konon katanya masih ada culture pemakan manusia.. Takut ? Karna bisa mengganggu stabilitas iklim global ? Lalu merusak ekologi laut baik ?

Ini warning untuk pengembang-pengembang usaha sekaligus pengemplang pajak dari berbagai aspek negeri ini, JANGAN rakus donk, kemaruk lu !!! Harta lu buat makan sekeluarga juga ga bakal abis sampai 7turunan.

Untuk infrastruktur mikir yang pasti-pasti aja, trans sumatra, trans papua dan jalur-jalur penghubung di pelosok-pelosok negeri yang memang perlu di benahi. Biar generasi penerus kita nanti yang kembangkan di tiap sektornya yang sekiranya prospek. Yang trpenting pemerintah saat ini sudah nyediain jalanya. Iya kan ? Betul kan ?

Kalau bisa setelah diberhentikan reklamasinya, tenggelamin pulaunya yang sudah terlanjur ada. Membiarkan stuck sama aja ngundang IBLIS untuk konspirasi. Debat lagi, berantem lagi, bunuh-bunuhan lagi. Ga capek emang.. Damailah, Oke.. ^___^

Mungkin ini alasan yang tepat dan cukup masuk akal, sekalipun patut diraguhkan keabsaanya untuk memberhentikan reklamasi itu memang HARUS !

1. Jika sebuah teluk bisa tercemar ekologinya, karna limbah industri, berarti tidak menutup kemungkinan donk jika reklamasi jadi, peradaban baru, investor baru, limbah baru juga donk pastinya. Lalu buang limbahnya kemana ? Laut utara ? Teluk sudah ancur mau ancurin ekologi laut juga ? Tau donk nusantara itu termasuk negera maritim yang mengandalkan hasil laut.

2. Kenapa harus berhenti ? Mungkin alibi yang pernah saya dengar agar terhindar dari abrasi laut utara, saya rasa cost-nya terlalu besar kalau harus reklamasi. Kenapa ga bikin aja semacam tanggul yang lbh masuk akal, beton tumpuk-tumpuk, atau semacamnya tujuanya agar gelombang tidak sampai daratan. Karna Apbn harus merata ga cuma untuk jakarta. Setuju ? Harusnya sih sebagai manusia providien yang menjunjung pancasilaisme anda akan setuju. Jika pun mungkin (nge) lupa maka saya ingatkan tolong baca sila ke – 5 !

3. Agar stabilitas anggaran negara ga njomplang, sebab mana ada mega proyek yang lempeng ? Jika pun ada itu sudah sejak tahu lalu kapan mungkin. Jadi yang dirugikan siapa ? sudah pasti rakyat. Yang dapat keuntungan siapa ? Jelas kapitalis, oportunis brengsek yang kawin ama birokrat busuk. Penekanan pajak tinggi mungkin berlaku di era ahok, tapi apa ada jaminan selamanya begitu ? Nanti setelah era gubernur baru ? Tidak! Undang-undang bebas di RE-scedule.

Waktu abis, I quit.

Sleep.

^___^

Iklan

Penulis: Senja Kelana

Seorang pria yang menyukai senja, tak terikat, bebas terkendali, dan menghargai perbedaan.

15 thoughts on “REKLAMASI ???”

    1. Ini buktinya ak berani ganggu, ya sekalipun elektabilitasnya jelas diragukan. Semoga, awalan ini bisa diteruskan gaungnya oleh pembaca yg lain. ^ ^

      Mungkin kang parman barangkali berkenan melanjutkan ? Siapa tau kedepanya wordpress dipakai wadah aspirasi online gitu.. Heheee.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Seharusnya sih berbeda, dan nama blog ak “tukangnyiyir” bukan tukang nyinyir.

      Alasan simpelnya Nyinyir itu mainstream, sedangkan Nyiyir itu saya. Entah kenapa utk saya mainstream itu sangat membosankan.

      Suka

  1. Minggu kmrn baru saja dari pulau seribu dan melihat urukan2 tanah buat reklamasi. MIris banget, sepanjang muara angke dan sekitar nya aja dikit2 banjir. Gimana nasib mereka setelah reklamasi nanti ??? #Miris

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s